Terra Agri, Layanan Pertanian Terra Drone Indonesia Dukung Pengembangan Karir dan Penelitian Politeknik Banjarmasin

(Foto dokumentasi MoU antara Terra Agri dan POLIBAN. Sumber dokumentasi internal Terra Agri)

Terra Agri is an agricultural service brand operating in Southeast Asia through Terra Drone Indonesia and Terra Drone Agri in Malaysia.

JAKARTA, INDONESIA, April 24, 2024 /EINPresswire.com/ — Terra Agri, layanan bisnis pertanian dari Terra Drone Indonesia, telah menjalin kerjasama dengan Politeknik Banjarmasin (POLIBAN) untuk memperkuat peluang karir dan mendorong inovasi teknologi. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Direktur Politeknik Banjarmasin, Joni Riadi, dan Chief Operating Officer Terra Agri, Wilson Ong.

Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengalaman kerja praktek dalam bidang teknologi drone kepada mahasiswa, memfasilitasi penempatan kerja dengan peluang di Terra Agri. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan produksi perkebunan, peningkatan fasilitas kerja dan infrastruktur, termasuk pelatihan tenaga kerja tentang teknologi. Mengingat percepatan kerja dan pengurangan penggunaan pestisida berlebihan, stabilitas proses pekerjaan harus berjalan secara berdampingan. Oleh karena itu, program kerjasama antara Terra Agri dan POLIBAN ini dapat menjadi wadah untuk kemajuan tersebut.

Selain itu, kolaborasi antara Terra Agri dan POLIBAN akan memberikan mahasiswa dan alumni kesempatan untuk melakukan kerja lapangan, magang, dan proyek penelitian praktis, yang akan memperkaya pengetahuan dan keterampilan praktis mereka. Kerjasama ini juga bertujuan untuk secara aktif melibatkan masyarakat lokal di Kalimantan, terutama dalam budidaya kelapa sawit di Kalimantan Selatan. Hal ini juga merupakan upaya Terra Agri dalam mengukuhkan keberadaannya di wilayah regional untuk proyek-proyek yang sedang berjalan, serta memperkuat dedikasinya untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja lokal.

Program ini juga memiliki potensi besar untuk memajukan pertanian presisi yang berkelanjutan di Kalimantan Selatan. Sejalan dengan visi pemerintah Kalimantan Selatan yang tercantum dalam Peraturan Gubernur (PERGUB) Nomor 13 Tahun 2023 untuk mempromosikan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan di wilayah tersebut.

Integrasi antara dunia akademis dan Terra Agri menciptakan media yang kuat untuk penelitian dan pengembangan teknologi pertanian, berfokus pada drone dan praktik pertanian yang berkelanjutan. Komitmen Terra Agri untuk mempromosikan pertanian presisi dan mengurangi penggunaan pestisida dan air berlebih dalam agribisnis selaras dengan tujuan kolaborasi ini.

Kerjasama antara POLIBAN dan Terra Agri merupakan contoh utama dari sinergi vital antara lembaga pendidikan dan industri dalam mendorong inovasi, khususnya dalam teknologi. Ini menyoroti pentingnya upaya kolaboratif dalam mendorong perubahan transformatif dan menetapkan standar baru untuk praktik pertanian yang berkelanjutan.

Joni Riadi sangat antusias dengan kolaborasi antara POLIBAN dan Terra Agri, melihat kemitraan yang dapat berbuah dengan baik. Terra Agri juga dapat berkontribusi sebagai dosen tamu di POLIBAN untuk memperkaya wawasan terkait drone pertanian bagi mahasiswanya.

Wilson juga membuka pintu seluas mungkin kepada para guru, mahasiswa, dan staf POLIBAN untuk bergandengan tangan dalam memajukan teknologi drone dan mengeksplorasi peluang penelitian terkait drone pertanian dan pertanian presisi. Tindakan ini sesuai dengan program-program pemerintah Indonesia dan organisasi yang menekankan solusi inovatif untuk sektor pertanian.

***

Tentang Politeknik Banjarmasin

Politeknik Negeri Banjarmasin, juga dikenal sebagai POLIBAN, adalah sebuah politeknik negeri yang terletak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia. Didirikan pada tahun 1987 dan berfokus pada pendidikan vokasi dengan kurikulum yang lebih praktis dibandingkan dengan program berbasis teori. POLIBAN menawarkan berbagai program studi seperti Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Administrasi Bisnis, dan Manajemen Informatika.

Tentang Terra Agri

Terra Agri adalah merek layanan pertanian yang beroperasi di Asia Tenggara melalui Terra Drone Indonesia dan Terra Drone Agri di Malaysia. Merek ini menawarkan sistem intelijen tanaman dan kontrol perkebunan untuk memantau kondisi lokasi. Terra Agi memanfaatkan informasi dari udara dan darat, termasuk topografi, kesehatan tanaman, kualitas tanah, curah hujan, dan aktivitas operasi pertanian. Fokus Terra Agri adalah menyederhanakan dan mendigitalkan proses pertanian dengan menggunakan teknologi drone untuk penyemprotan dan pemetaan yang efisien sepanjang siklus produksi.

Tentang Terra Drone Indonesia

Terra Drone Indonesia adalah penyedia layanan pemanfaatan Pesawat Tanpa Awak (UAV) atau drone untuk kegiatan survei udara dalam aplikasi industri yang mencakup pemetaan, pemodelan, inspeksi, dan pemantauan dari udara. Selain itu, Terra Drone Indonesia juga menyediakan layanan pelatihan dan konsultasi untuk perusahaan yang telah menggunakan drone untuk operasi sehari-hari.

Kontak Media

Sri Nurhayati

Digital Marketer

[email protected]

Sri Nurhayati
Terra Drone Indonesia
[email protected]

Originally published at https://www.einpresswire.com/article/706123743/terra-agri-layanan-pertanian-terra-drone-indonesia-dukung-pengembangan-karir-dan-penelitian-politeknik-banjarmasin

author avatar
Agla News staff